Senin, 26 Desember 2016

Kesalahan yang biasanya terjadi dalam penggunaan Construct 2 (Awam)


Untuk pengguna Construct2 yang masih baru menggunakan dan awam dalam penggunaannya, terkadang melakukan kesalahan kesalahan yang cukup fatal dalam pembuatan gamenya sehingga seringkali membuat kinerja melambat atau malah hasil export game yang dibuat nya tidak optimal. Nah apa sajakah kesalahan yang dibuat tersebut?
Berikut gametutorialid persembahkan:

1. Menggunakan banyak global variable yang tugasnya sama, 
contohnya : Score1, Score2, Score3, dll. 
=> Sebenarnya cukup 1 variable saja, karena global variable bisa digunakan pada setiap event sheet. Bila ingin menyimpan nilainya, bisa menggunakan Local Storage.


2. Menggunakan event yang sama berulang-ulang, 
contohnya : pada event sheet 1, Keyboard on press > Player move, pada event sheet 2, Keyboard on press > Player move, dst.
=> Tentunya hal sangat boros pada penggunaan event, terutama bagi pengguna Construct 2 Free Version karena C2 dibatasi 100 Event saja, agar dapat menggunakan event yang sama pada setiap event sheet, buat satu event sheet khusus bagi event tersebut, lalu berikan perintah Include Event sheet, pada event sheet yang ingin ditambahkan, dan pilih event sheet yang sudah kamu buat khusus event tadi.


3. Langsung menggunakan gambar yang sudah diimport tanpa mengubah ukuran resolusinya.
Contohnya : Sprite > Open > gambar.png (1680px X 2100px)
=> Semakin besar resolusi gambar yang kamu gunakan, semakin berat pula kinerja Construct 2 kamu, begitupula pada hasil ketika game kamu di export nantinya, usahakan ukuran resolusi gambar yang kamu gunakan tidak lebih besar dari ukuran Window project kamu. Bila gambar itu hanya berisi penjelasan (teks), sebaiknya gunakan plugin Text / Spritefont yang ada pada Construct 2 saja.


4. Menggunakan objek yang isinya sama, tapi namanya berbeda-beda.
Contohnya : Tombol_home, Tombol_home2, Tombol_home3, dst.
=> Bila gambar/isi yang terdapat pada objek yang kamu gunakan sama, sebaiknya cukup gunakan satu objek saja, objek itu bisa digunakan pada segala layout tanpa perlu membuat objek dengan nama baru.


5. Tidak mengubah nama objek yang ditambahkan
Contohnya : Sprite, Sprite1, Sprite2, Sprite3, dst.
=> Harap menghindari hal ini, karena kamu akan merasa kesulitan dalam membedakannya, sebaiknya beri nama pada masing-masing objek sesuai dengan fungsinya.


6. Menghapus objek yang tidak digunakan lagi melalui Layout 
=> Objek ini tidak akan terhapus dari dalam data project, karena masih tersimpan di folder Object types yang bisa kamu temukan umumnya pada bagian kanan, bila kamu ingin menghapus objek yang tidak digunakan tersebut, sebaiknya hapus melalui folder Object Types.


7. Menambahkan plugin yang tidak digunakan (coba-coba)
Contohnya : Membuat game android, tapi menambahkan plugin Keyboard, dan Mouse. 
=> Memang plugin ini berfungsi ketika kita sedang melakukan tahap developing game di komputer kita, tapi plugin ini tidak digunakan pada android, memang tidak masalah, tapi sebagian script plugin ada yang memiliki ukuran file yang cukup besar, tentunya ini akan berpengaruh pada file hasil export nantinya, terasa cukup rugi pastinya bila kita tidak menggunakan plugin itu, dan dia hanya numpang duduk saja.


Ada tambahan permasalahan lainnya ? Tuliskan informasi itu pada kolom komentar di bawah ini, jangan lupa dengan Solusinya ya!

Semoga tips / tutorial ini bermanfaat

Share this

2 Responses to "Kesalahan yang biasanya terjadi dalam penggunaan Construct 2 (Awam)"

  1. Cara menggunakan include event sheet gmna k ?

    BalasHapus
  2. gimana cara mengatasi jika saat import file gambar menjadi gepeng bentuknya?

    BalasHapus