Senin, 12 Desember 2016

Need For Speed : Most Wanted!


Kali ini saya akan mereview game penuh adrenalin yang mengalami puncak kejayaannya pada tahun 2005 silam. Franchise ini memiliki banyak judul yang telah dirilis tetapi saya ingin me review salah satu judul favorit saya, yakni "Need For Speed: Most Wanted" yang juga diremake dan diporting ke mobile pada tahun 2012 dengan judul yang sama.

Mendengar kata Most Wanted, kira kira apa yang ada di pikiran kita? kejar kejaran seru dengan polisi? kustomisasi mobil yang banyak? mengganti cat mobil dengan motif yang keren? ya, semua itu ada dalam game ini tetapi tidak hanya itu saja yang menarik.

Cerita
Kamu memulai permainan menggunakan sebuah mobil keren yakni BMW M3 GTR melawan rival utama bernama Razor yang mengendarai Ford Mustang GT. Intro dari permainan ini sudah disetting sebagai tutorial dan menjadi momen yang paling diingat oleh pemain. Ya, di NFS Most Wanted terdapat blacklist (atau bisa disebut rival / boss) yang perlu dilawan dan dikatakan menang jika memenangkan 2 pertandingan balap berturut turut. Pada intro, kita langsung melawan Razor, blacklist nomor 1, dengan mudahnya balapan pertama kita menangkan, akan tetapi pada balapan kedua, ketika mobil kita hampir mengenai garis finish tiba tiba mobil yang kita kendarai tersabotase mesin dan rodanya sehingga otomatis Razor menang dan mengambil alih mobil yang kita miliki.


Mobil andalan pun hilang, kita harus memulai semuanya dari awal. Kamu akan diberikan sejumlah uang dan pilihan untuk memulai karir baru sebagai pembalap jalanan. Dengan tujuan akhirnya untuk mengalahkan semua blacklist yang ada hingga merebut kembali BMW M3 GTR yang dipakai oleh Razor Callahan di akhir game ini.

Gameplay
Pada jamannya (2005) game ini memiliki gameplay untuk game bergenre balapan (racing) terbaik karena memberikan banyak kebebasan pada pemainnya untuk melakukan banyak hal dalam game ini. Selain balapan utamanya, pemain dapat melakukan free roam atau berkeliling kota secara bebas sambil mengoleksi sesuatu, mengingat jalan, bahkan mencari rival untuk menambah uang. Tetapi dalam free roam pemain juga harus berhati hati karena jika bertemu polisi, maka kejar kejaran seru akan dimulai, pemain dikatakan lolos dari kejaran polisi apabila mobil polisi yang mengejar hancur semua atau pemain berhasil meninggalkan polisi sejauh mungkin.


Setelah menyelesaikan beberapa persyaratan, seperti memenangkan beberapa balapan, dan memiliki sejumlah bounty dari kejaran polisi, pemain dapat menantang blacklist secara berurutan dari #15 hingga #1. Mengalahkan seorang blacklist dapat membuka tantangan baru, balapan baru, mobil baru, dan kustomisasi mobil yang baru pula. Hal itu tentunya sejalan dengan semakin sulitnya permainan yang akan dihadapi.

Untuk balapannya sendiri sudah cukup seru dengan AI yang bisa berbelok dengan baik ketika ada belokan bahkan melakukan drift. AI juga tahu kapan harus menghindar ketika di depannya ada halangan seperti tembok, pohon, bangunan, atau mobil sipil. Hal tersebut terbukti dengan susahnya mengalahkan blacklist terutama Razor, khususnya apabila mobil pemain belum di upgrade menjadi maksimal. Dan ketika pemain mulai tertinggal oleh musuh, saatnya mengaktifkan NOS (Nitrous Oxide System) yang mendorong mobil menjadi 1.5x hingga 2x lebih cepat dari kecepatan maksimum mobil yang sedang dikendarai.

Grafis
Need For Speed: Most Wanted menggunakan teknologi 3D yang cukup baik sehingga hasil render pada saat memainkan game terlihat apik dan cukup realistis pada masa itu dibandingkan game game sejenisnya sebelumnya. Penggunaan shading yang ada juga konsisten sehingga setiap melihat game ini, suasana yang tergambar selalu panas, seru, menegangkan, dikarenakan setting pada game menggunakan waktu sore hari sehingga game ini memiliki ciri khas tersendiri. Meski begitu tidak dapat dipungkiri untuk beberapa tempat dalam game terutama daerah alam, texture yang digunakan masih belum halus dan kadang terlihat pecah sehingga belum begitu nyata Untuk cutscene cerita, film yang ada cukup realistis, bagaimana tidak, mereka menggunakan model orang sesungguhnya dan menggunakan bantuan green screen untuk editing video sehingga pergerakan karakter bisa halus dan tak terlihat kalau itu model 3D sama sekali. 


Suara
Need For Speed mengusung tema balapan jalanan, identik dengan semaunya sendiri, tidak taat aturan, dan sebagainya. Maka musik yang disajikan dalam game ini banyak mengandung beat, rap, metal, rock, dan jenis jenis musik keras lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk menaikkan tensi pemain sehingga pemain akan merasa terpacu untuk memenangkan balapan atau lari dari kejaran polisi. Saya sendiri bukan penyuka musik keras, tetapi ketika memainkan game ini, saya menjadi terpacu untuk membalap mobil didepan, menghalangi mobil yang dibelakang, lari dari kejaran polisi dan banyak lagi dan menurut saya BGM ini cukup cocok dengan tema yang diusung.
Untuk Sound Effect sendiri sudah cukup baik karena selalu terdengar suara yang sesuai dari hasil aksi yang saya lakukan (menabrak mobil, mengaktifkan NOS, mengganti suku cadang, dan lain sebagainya).




Untuk kalian yang ingin bernostalgia dan atau ingin memainkan game ini bisa membeli game ini pada:

ORIGIN PC GAME
ANDROID PLAYSTORE

Share this

0 Comment to "Need For Speed : Most Wanted!"

Posting Komentar