Rabu, 21 Juni 2017

Penjelasan Kode REGION Pada PlayStation 4



Apa sih sebenarnya kode 
"Region" dalam PlayStation itu?

Para user yang baru memiliki PS4 tentunya akan bingung tentang hal ini, pasti muncul banyak pertanyaan tentang apa sih kode region ini?, se-penting apa kode region ini?, kenapa di forum-forum kode region selalu dibahas?, oke Saya akan coba jelaskan se-singkat dan se-jelas mungkin.

Pertama-tama kode region dibagi menjadi 6 :
  • Region 1 : Wilayah distribusi Amerika (US)
  • Region 2 : Wilayah distribusi Eropa (EU)
  • Region 2 CERO : Wilayah distribusi Jepang (JP)
  • Region 3 : Wilayah distribusi Asia (ID)
  • Region 4 : Wilayah distribusi Australia (AU)
  • Region All : Untuk region ini biasanya tetap terikat dengan salah satu regional di atas, biasanya bisa kita cek dari simbol rate yang digunakan.



Jadi secara sederhana, kode region adalah kode pembagian wilayah distribusi penjualan, nah apa saja yang ada kode Regionnya?
  1. Mesin PS4
  2. ID PlayStation Network (PSN)
  3. Bluray Games
Mari kita bahas satu per satu :

- Region Pada mesin PS4

Biasanya region ini terkait dengan cover dari garansi, misal kita membeli PS4 Asia makan jika kenapa-napa bisa diservice di Sony Indonesia, berbeda misal kita beli PS4 Region Eropa, maka kalo service unit tersebut harus dikirim ke wilayah di mana mesin itu harusnya disitribusikan yakni eropa. PS4 dengan region tidak standar biasanya harganya lebih murah, karena masalah garansi tersebut.

Ada teman saya yang beli PS4 2nd, kemudian rusak dan saat dibawa ke Sony Balikpapan, dan di cek ternyata Region dari PS4 nya Region Jepang, dan tentunya PS4 itu ditolak untuk di service, walaupun temen saya mau membayar biaya servicenya di luar dari garansi, sadis ya.. Akhirnya temen saya service ke pihak ke 3, namun tetap saja dikirim ke Jakarta. Intinya sih temen saya itu malah tidak tau region berapa PS4nya..

Nah pasti temen-temen pada penasaran, PS4 kita region berapa sih?? cara cek nya bisa cek di dus book, pada spesifikasi cari tulisan yang di depannya ada CUH-xxxx contoh : CUH-1006A



Penjelasan dari kode CUH-10 06 A

CUH -> Merupakan kode mesin PS4 Fat/PS4 Pro/Slim Retail
10 -> Merupakan seri dari PS4, sekarang sudah sampe seri 12XX (70XX untuk PS4 Pro)
06 -> Merupakan region Indonesia (00: JPN, 01: USA, 03: UK dll)
A -> Merupakan ukuran dari hardisk PS4 (A: 500GB, B: 1TB)

- Region pada ID PSN/DLC

Kalo yang belum tau ID saya region berapa, karena Dapat ID dari pembeli sebelumnya, sebenarnya bisa di cek dengan cara masuk ke PSN Store yang ada di PS4, kemudian coba cek salah satu game, lihat mata uang yang digunakan, misal "$" tandanya reg 1 kalo "Rp" tandanya reg 3, kalo "€" tandanya Reg 2, dan "¥" Jepang CERO.



Sebenarnya Region pada ID ini berpengaruh dengan kontent game yang tersedia di dalam PSN Store serta DLC yang bisa kita gunakan dalam game tersebut.

DLC (Downloadable Content) sendiri adalah sebuah konten tanbahan pada sebuah game, DLC bisa berupa kostum, senjata, aksesoris atau bisa juga sebuah cerita tambahan. Saat kita membeli suatu game diusahakan untuk sama Regionnya antara kaset Bluray dan ID supaya mempermudah dalam meng-klaim kode DLC tersebut, walaupun sebenarnya tidak gitu masalah kalo kita memiliki beberapa ID dengan region yang berbeda-beda.




- Region Pada Games

Pertama-tama region tidak mempengaruhi konten dari game yang akan kita mainkan, semua region sama saja konten gamenya, namun yang membedakan hanya bawaan kitab, manual yang ada di dalam box Bluray aja.


Jika game yang kita mainkan adalah game Online maka ini mempengaruhi kita terhubung dengan server mana, sesuai dengan region kaset yang kita beli, misal kita beli region 3 asia, makan servernya ada di singapura, kalo region US maka akan terhubung ke server US, tentunya ini akan mempengaruhi hasil dari ping. Namun untuk hal ini masih ambigu karena kita tidak tau secara pasti apakah benar saat ini terhubung ke server yang mana.

Tambahan dari temen :
Untuk server sih gak ngaruh sama sekali Region dengan masuk server mana. Emang sih ada yg servernya berdasarkan Region Game, kayak PES yang dulu2, PES itu masuk Eropa & US sedangkan WE masuk Asia.  
Tapi kebanyakan game skrg matchmakingnya based on IP, kayak Rainbow Six otomatis akan masuk region seas. Ada juga yg menyediakan server browser kayak Battlefield, sehingga pemain bebas memilih mau main di server manapun.
Tapi sampe skrg ada sebagian kecil game yg masih sistemnya seperti itu. Cuman saya gak tau pasti game apa aja. Biasanya sih game jepang yg seperti itu. Kemarin sempat denger rumor juga kalo Sever Jepang GTA Online beda sama Worldwide. Cuman saya gak bisa pastiin mitosnya benar apa nggak, ntar ngajakin mabar orang jepang dulu buat verifikasi haha

Jadi misal kita membeli kaset bd PS4 yang Region 1 itu tandanya kita membeli dari wilayah distribusi yang lain, jadi kadang harga dari region 1 lebih mahal dari pada region 3 atau malah sebaliknya.





Jadi kesimpulannya, karena PS4 tidak region LOCK seperti Nintendo, jadi masalah region ini tidak lah terlalu penting, hanya terkait dengan kalim DLC dan konten yang ada di PSN Store. Region hanya ngaruh sama kode psn (kode wallet atw kode game/ dlc fisik yg berkode)

Semoga informasi yang ternyata tidak pendek ini bisa bermanfaat bagi temen-temen yang baru memilih PS4, Kalo ada salah saya bisa dikoreksi, kalau masih ada yang bingung bisa di tanyakan ke saya atau member yang lain. Terimakasih.

Share this

19 Responses to "Penjelasan Kode REGION Pada PlayStation 4"

  1. Min kalo kode nya 2218b itu region mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kode PS nya
      itu kode PS4 Slim

      Hapus
  2. Min kalau main game online reg 2 kira - kira ping nya parah ga ya?

    BalasHapus
  3. Misal main PES online pake reg 2 itu otomatis ikut server asia apa ke eropa ya gan?
    masih ragu dgn kata2 dibaca berdasarkan IP, klo agan udh pernah coba mungkn bisa di share. Makasih

    BalasHapus
  4. kalau code ini CUH-2218B artinya regionnya mana ya?

    BalasHapus
  5. Klo kita bli game digital apa ada region" juga?

    BalasHapus
  6. Min kode region 2218 sama 2218B apa beda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2218b itu asia bro, huruf di akhir itu internal ps itu b itu untuk 1tb klo a itu untuk 500gb

      Hapus
  7. Min kalo pes ny region all gmaja tu...w beli ads on ny barcelona mala g bs pake

    BalasHapus
  8. Min kalau cuh 7218b dan cuh 7106b itu asia bukan

    BalasHapus
  9. Min kalau BD nya reg 2 trus mau install add on nya harus reg 2 atau reg 3,masalahnya pas add on yg di download cuma menunggu insatal

    BalasHapus
  10. Klo mau beli ps4 slim terbaru baiknya tipe CHU yg mana?

    BalasHapus
  11. CUH-2218B itu series tahun brp ya. 2016 atau 2018. Mohon infonya

    BalasHapus
  12. Newbie ps4 nih bosku ... pusing jg ya mau maen doang bnyk hal2 🙏

    BalasHapus
  13. Min, kalau masalah save game gimana, apakah bisa dipake di semua region game

    BalasHapus
  14. Klo cuh 2215b seri us bagus gak min

    BalasHapus