Rabu, 14 Desember 2016

Age Of Empires II - RTS seru yang tidak masuk akal !!!


Bagi penggemar game ber-genre real time strategy (RTS), game Age of Empires tentunya sudah tidak asing lagi. Game RTS tersebut merupakan salah satu game populer di era tahun 1997 – 2007 lalu. Salah satu game dari seri tersebut, yaitu Age of Empires II, bahkan bisa disebut sebagai salah satu game yang membawa perubahan besar di dunia RTS, termasuk beberapa hal baru yang disebut mempengaruhi dunia RTS hingga saat ini.

Walau mengusung tema yang tergolong "biasa" pada jamannya yani medieval dibandingkan kompetitornya seperti: Start Craft dan Command & Conquer, Age of Empires 2 akan tetap menjadi game RTS yang selalu dikenang oleh penggemarnya, apalagi pada jaman dimana game RTS makin sedikit seperti sekarang ini. Maka dari itu rasanya akan menarik apabila kita mengulas kembali game legendaris ini.

Plot / Story
Age of Empires 2 mengusung tema utama pada jaman middle-age hingga renaissance atau jaman jaman medieval dimana orang orang berperang tidak menggunakan persenjataan modern, melainkan menggunakan pedang dan panah. Terdapat mode campaign dimana kita memainkan sejarah dari tokoh penting pada zaman medieval, seperti Saladin, Genghis Khan, Atilla the Hun, dan William Wallace. Di beberapa misi bahkan kita dapat mengontrol langsung karakter tersebut, dan berbeda dengan RTS pada zaman sekarang, tokoh penting atau bisa disebut hero tersebut tidak boleh mati terbunuh, berbeda dengan DotA atau League of Legend dimana hero akan hidup kembali meskipun mati berkali kali. Ya, dalam Age of Empires, game akan berakhir juga jika hero kita mati. Kemampuan mengontrol hero menjadi sesuatu yang menarik untuk game dengan genre RTS pada era nya.


Selain mode campaign, terdapat juga beberapa mode lain yang bisa dimainkan dalam game ini, seperti Random Map dengan beberapa victory condition, mengejar raja pihak lawan di Regicide, serta beberapa mode lain seperti Deathmatch, King of The Hill, dan sebagainya. Mode-mode tersebut tentunya bisa menghabiskan banyak waktu kita, termasuk untuk mengumpulkan sumber daya, membangun pasukan, dan meratakan kerajaan lawan. Bisa dibilang, Age of Empires II akan menghabiskan banyak waktu kita ketika memainkannya. 

Gameplay
Biasanya permainan diawali dengan diberikannya beberapa villager yang dapat kita kendalikan. Villager ini adalah unit paling berguna sepanjang permainan dimana unit ini dapat membangun bangunan, mengumpulkan sumber daya, hingga berperang. Ya, villager dapat digunakan sebagai pertahanan terakhir apabila kotamu diserang. Selain villager, kita juga memiliki sejumlah sumber daya yang dapat digunakan untuk membangun bangunan. Setelah membangun beberapa bangunan barulah kita dapat memproduksi pasukan yang bermacam macam, mulai dari pasukan pedang, pasukan panah, pasukan berkuda, pelontar batu, hingga misionaris. 


Disinilah kemampuan strategi kita diuji, bagaimana kita bisa memaksimalkan jumlah maksimal pasukan yang dapat dimiliki dengan komposisi sedemikian rupa dari berbagai jenis unit yang dimiliki dan masing masing keunikannya sehingga dapat mengalahkan pasukan musuh dengan taktik bertarung jitu hingga menghancurkan town hallnya.


Dikarenakan game ini bergenre RTS atau Real Time Strategi, segala pilihan yang kita buat berjalan secara real time, jadi jika kita hanya diam saja maka kita dapat tertinggal dengan musuh yang sudah berkembang maju. Ada berbagai macam strategi yang dapat dilakukan dalam game ini dan itu semua tergantung pada individu yang memainkan game ini, bagaiman strategi yang dilakukan untuk mengalahkan musuh. Kekurangan dari gameplay sendiri fatalnya ada pada sumber daya, karena apabila kita bermain cukup lama dan permainan belum selesai sementara kita membutuhkan sumber daya untuk membuat pasukan, sumber daya yang kita ambil akan habis dan tidak akan ada lagi sumber daya yang baru, ya, semua sumber daya akan habis kecuali makanan yang bisa didapatkan dari pertanian.

Grafis
Age of Empires 2 menggunakan grafis pixel art dengan resolusi cukup tinggi dan menggunakan style isometrik. Untuk game PC pada era itu, grafis yang diusung termasuk grafis yang cukup menarik mengingat game 3D belum banyak beredar, dan grafis game lain juga sedang melakukan perkembangan. Grafis yang ditampilkan dalam permainan sudah bagus karena pemain dapat melihat berbagai macam daerah, apalagi adanya fitur minimap yang dapat kita interaksi sehingga membawa kamera langsung pada titik yang kita klik.


Hal yang kurang bagus menurut saya dalam game ini dari segi grafik adalah tampilan user interfacenya yang masih terlalu kaku. Karena ada banyaknya informasi yang perlu kita ketahui dan minimnya space dalam game untuk memberikan informasi pada kita, ada beberapa informasi yang baru bisa kita ketahui apabila kita letakkan mouse tepat pada kolom informasi yang ingin kita ketahui, mencari tombol pintas suatu aksi misalnya.

Suara
Suara pengiring dalam game tidak terlalu mencolok bahkan saya tidak ingat apakah Age Of Empires 2 menggunakan background music ketika kita memainkan gamenya, kalaupun ada, karena tidak terlalu terdengar sehingga tidak begitu mempengaruhi kondisi psikis pemain ketika memainkan gamenya.

Walau begitu, suara efek (SFX) dalam game sangat kental dan cukup unik. Setiap aksi yang kita lakukan selalu ada suaranya, entah itu gendang yang bergetar, suara pedang yang tabrakan ketika berperang, bahkan suara respon villager yang selalu berubah ubah sesuai dengan negaranya ketika kita memberikan mereka sebuah perintah. Suara yang ada cukup unik dan lucu sehingga dapat membuat saya teringat, dan ketika ada orang yang mendengarkan suaranya meskipun tidak sedang bermain, saya kira dia akan tahu bahwa itu adalah dari game Age of Empire (dengan asumsi dia sudah pernah bermain tentunya)

Hal yang tidak masuk akal
Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, yang paling menarik dan lucu dari Age Of Empires 2 adalah logika umum dalam permainan dalam arti bukan mekanik melainkan korelasi aksi reaksi yang ada dalam game. Tentunya kamu akan paham jika sudah memainkan Age of Empires 2. Apa sajakah itu?



Dan beberapa keanehan lagi akan dijelaskan melalui video dibawah ini:

Share this

0 Comment to "Age Of Empires II - RTS seru yang tidak masuk akal !!!"

Posting Komentar