Rabu, 21 Desember 2016

Bangun kota dengan bantuan Dewa dan Kaisar - CAESAR III


Caesar III merupakan salah satu game simulasi membangun kota yang mirip dengan game SimCity, perbedaan utama terletak pada tema yakni pembangunan kota di roma yang identik dengan kaisar dan dewa dewa yang ada. Dalam Caesar III, pemain mempunyai tugas sebagai gubernur di satu provinsi dalam kerajaan Roma untuk mengembangkan peradaban Roma dan membangun kota besar dari tanah lapang berdebu. Buat jalan, bersihkan hutan, dan bangun berbagai macam bangunan dan struktur yang ada pada era 2000 tahun yang lalu sambil menghalau serangan pasukan barbar dan memetik keuntungan dari masyarakat yang ada.

Dibandingkan dengan SimCity (pada era yang sama dengan Caesar III) saya pribadi lebih suka mekanik permainan dari Caesar III karena strategi penataan kota sangat berpengaruh, dan kita tidak hanya membangun kota, memberikan fasilitas yang dibutuhkan dan tinggal tunggu saja perkembangan kota kita. Di Caesar III kita diberi reward untuk melakukan berbagai jenis tugas, mulai dari menata produksi bahan yang efisien hingga mempertahankan pasukan militer.

Skenario
Caesar III adalah game dengan sistem misi (yang totalnya kalau tidak salah ada 12) . Di setiap misinya, pemain diberikan tugas untuk mencapai target, biasanya targetnya adalah jumlah populasi dan skor di beberapa kategori dimana kebijakan kita dinilai, contohnya kesejahteraan penduduk, perkembangan kota, militer, dan lainnya.

Bisa dibilang skenario utama dari game ini adalah kita berperan menjadi seorang gubernur yang diperintahkan oleh kaisar untuk mengembangkan suatu wilayah sehingga menjadi kota yang makmur atau bahkan mampu menghalau serangan musuh dengan militer yang kuat. Karena di awal karir kita sebagai gubernur mampu memberikan hasil yang positif, maka setiap kota yang kita pimpin telah cukup berkembang maka kita ditugaskan kembali untuk dapat mengembangkan daerah lainnya.



Positifnya:
Dengan adanya misi dan target, pemain bisa bermain lebih terarah dan berstrategi bagaimana mencapai target dengan halangan dan sumber daya yang ada. Progres game lebih terlihat apabila misi berhasil dan lanjut ke skenario berikutnya dan rasa puas serta bangga akan dirasakan ketika berhasil menyelesaikan misi atau target.

Negatifnya:
Skenario yang ada sangat statik, tidak pernah berubah, jadi jika di satu skenario kita berhasil menyelesaikan misi, maka jika memainkan skenario tersebut lagi target yang ada sama persis dengan lahan yang sama persis dan sumber daya yang sama persis setiap dimainkan. Terdapat mode free build namun karena menggunakan nama yang tidak terlalu umum (yakni "city construction kit") saya mengira game ini full mission-based saja dan pemain akan cepat bosan apabila gagal menyelesaikan misi salah satu skenario beberapa kali karena tingkat kesulitan yang cukup tinggi setelah misi kedua.

Gameplay / Mekanik
Mengusung tema pembangunan kota, bisa dibilang caesar III adalah SimCity yang bertemakan kerajaan roma. Dibandingkan dengan SimCity, Caesar III lebih adiktif karena seperti yang sudah saya tuliskan diatas, kita tidak hanya membangun kota sesuai keinginan kemudian menunggu perkembangan kota apakah sukses atau gagal, tetapi setiap aksi yang kita lakukan dapat berpengaruh dan di sela sela pembangunan terdapat permintaan kaisar yang perlu dipenuhi, apabila terpenuhi kita bisa mendapatkan reward tambahan, sehingga pembangunan kota tidak bisa asal asalan. Selain pembangunan kota ala simcity, elemen dari game Age of Empire atau Stronghold atau Settler 2, yakni perlu dibangunnya ladang sawah dan buah buahan untuk makanan penduduk, kelapa sawit, tambang, dan beberapa sumber daya untuk memajukan kesejahteraan penduduk juga dibutuhkan. 

Yang unik dari Caesar III adalah adanya dewa yang perlu diperhatikan. Di Caesar III terdapat 5 dewa yang dapat membantu atau malah menghancurkan kita. Dan masing masing dewa memiliki tingkat jealousneess atau iri yang tinggi terhadap satu sama lain sehingga apabila kita membangun temple para dewa sebisa mungkin adil (aneh, dewa minta diadili, haha) sehingga tidak ada yang iri dan merusak tatanan kota kita.


Tips dari dosen saya dalam bermain game ini salah satunya adalah:
Jangan buat banyak jalan perempatan
Beri lahan pembangunan rumah dengan kelipatan 4

Positifnya:
Lebih adiktif dibandingkan SimCity. Penggabungan antara mekanik SimCity dan The Settlers atau Stronghold atau Age of Empires. Pembangunan kota lebih bervariasi, dan kompleks karena yang perlu dipikirkan tidak hanya tata kota saja, melainkan kesejahteraan, perkembangan kota, hubungan dengan kaisar, hingga memperhatikan dewa.

Negatifnya:
Penataan kota yang sangat berpengaruh sehingga perlu diperhatikan tata kota sejak awal. Apabila dari awal sudah salah penataan kota, maka kesempatan mencapai target misi di akhir permainan semakin menipis.

Musik
Tidak banyak yang bisa dibahas tentang musik, jadi saya langsung saja beri contoh musik dan positif serta negatifnya. Contoh  musik yang ada:


Positifnya:
Background music tidak mengganggu kita ketika bermain sehingga pemain dapat bermain dengan fokus terhadap pembangunan kota dalam game.

Negatifnya:
Tidak ada musik yang cukup catchy sehingga kadang saya berpikir game ini memiliki background musik atau tidak. Tidak ada musik yang menarik yang bisa membuat saya ketika mendengar musik tersebut langsung teringat pada Caesar III.

Grafis
Caesar III menggunakan visual isometrik yang dapat dirotasi ke kanan atau ke kiri dengan kelipatan 90 derajat. Entah mereka menggunakan pixel art resolusi tinggi atau 3D yang dirender dengan kemampuan maksimal pada masa itu. Beberapa bangunan bahkan ada animasi untuk memperlihatkan bahwa ada kegiatan yang berjalan pada bangunan tersebut.


Positifnya:
Visual bangunan terlihat cukup detail. Perubahan pekembangan kota terutama rumah penduduk sangat terlihat, dan semakin berkembang, rumah penduduk terlihat semakin bagus, bahkan lama lama terlihat seperti mall.

Negatifnya:
Pemilihan warna untuk visual baik bangunan atau User Interface terlalu gelap atau bisa dibilang kurang menarik, kadang saya perlu menambahkan tingkat brightness pada layar agar game terlihat lebih baik tapi sebenarnya tidak begitu membantu juga.


Apabila tertarik untuk memainkan game ini, bisa beli game digitalnya melalui Steam

Share this

0 Comment to "Bangun kota dengan bantuan Dewa dan Kaisar - CAESAR III"

Posting Komentar