Sabtu, 24 Desember 2016

Kembangkan dan majukan peradabanmu!! - Civilization VI


Bagaimana rasanya jadi presiden? Seorang pemimpin sebuah negara? Mengatur berbagai aspek kedaulatan negara mulai dari kesejahteraan, hubungan antar bangsa, hingga menjadi negara maju?

Civilization VI adalah simulasi mengatur peradaban sebuah negara agar bisa survive, sustain bahkan bisa bersaing dengan negara lain. Civilization sendiri asalnya dari boardgame yang cukup terkenal dan kemudian dijadikan versi digitalnya hingga seri  ke 6. Sebelumnya saya sendiri sudah pernah mencoba Civilization III di PSX, Civilization V di steam's family share, dan Civilization Beyond Earth di steam.

Gameplay / Mekanik
Dalam Civilization VI kita mengelola sebuah bangsa dari berbagai aspek. Bagaimana mencari sumber daya, membangun dan mengembangkan negara, diplomasi dengan negara lain, hingga menjadi negara terbaik di muka bumi. Karena adaptasi dari boardgame, maka pergerakan dalam game digitalnya pun mengikuti boardgame dengan arah hexagon atau 6 arah yang cukup balance dalam teori boardgame.

Bagi saya, yang membuat seru dalam game ini selain simulasi mengembangkan negara, adalah bagaimana kita bisa menjadi negara yang maju, dan tentunya itulah tujuan akhir tamatnya game ini. Terdapat beberapa jenis kemenangan dalam game yakni:

Militer - Menghabisi negara lain
Budaya - Memiliki nilai kultur yang perbedaannya cukup tinggi dengan negara lain
Ekonomi - Ekonomi paling stabil, biasanya setelah memiliki cukup Devisa dan bangunan
Teknologi - Menemukan semua teknologi paling pertama dan sisa poin teknologi terbanyak

Jadi, meskipun kita kalah bersaing dalam militer, selama negara kita masih bisa berkembang, kita bisa menang dan menjadi negara maju melalui jalur yang lain. Dan dibandingkan versi sebelumnya, dalam versi ini AI musuh pun dapat bersikap berubah ubah sesuai dengan apa yang kita lakukan. Seperti melawan orang sungguhan rasanya, bukan AI.

Dan salah satu yang saya sukai dari versi ke VI ini adalahnya sumber daya yang melimpah disekitar kota. Berbeda dengan versi sebelumnya yang kita perlu eksplorasi sedikit lebih jauh dulu untuk mendapat sumber daya, di versi ini, hampir setiap 1-2 petak terdapat sumber daya yang cukup berharga.

Namun, karena sangat banyak sekali aspek yang perlu diperhatikan, dalam 1 giliran saya bisa menghabiskan waktu sekitar 5-20 menit, bayangkan butuh berapa lama waktu yang dibutuhkan agar saya memenangkan permainan.

Grafis
Dari sisi grafis, Civilization VI memiliki grafis yang lebih kartunis dan lebih cerah sehingga terlihat lebih "game" dibandingkan dengan seri sebelumnya yakni Civilization V yang menggunakan grafis realis, semirip mungkin dengan aslinya. Ya, grafis pada Civilization VI terlihat lebih enak dipandang dengan gaya kartunis mobile semacam Clash of Clans sehingga memainkan game ini lebih asik dibandingkan versi sebelumnya.


Sound
Berbeda dengan game strategi yang sebelumnya saya review, yang rata rata tidak terlalu terdengar suara musiknya. Civilization VI memiliki background musik yang cukup terdengar dan juga enak didengar karena menggunakan musik Orkestra (Genre musik favorit saya). Selain itu bisa memacu adrenalin kita sesuai dengan kondisi yang sedang terjadi dalam game.

Nilai edukasi
Game ini mengajarkan kita bagaimana susahnya jadi presiden sebuah negara, dan apa apa saja hal yang dikerjakannya. Jadi jangan hanya berkeluh kesah tentang kinerja presiden karena banyak sekali hal yang perlu diperhatikan oleh presiden. Bahkan ada sesuatu yang bukan pekerjaan presiden terkadang kita suka berkeluh kesah mengapa presiden tidak melakukan hal tersebut.

Kesimpulan
Game ini cocok untuk orang yang suka strategi yang bisa dilakukan perlahan, bukannya real time. Lebih cocok lagi untuk para pemain boardgame yang sudah hardcore apalagi kalau sudah bermain versi boardgamenya. Karena Civilization Boardgame butuh bermain sekitar 6-12 jam dan itupun tidak bisa save game maka saya sangat merekomendasikan game ini karena terdapat fitur "Save Game"

Tertarik dengan game ini? Bisa dibeli melalui Steam Store

Share this

0 Comment to "Kembangkan dan majukan peradabanmu!! - Civilization VI"

Posting Komentar