Minggu, 09 April 2017

Belajar RPG Maker MV - Intro, pembuatan map, basic event


Suka main Final Fantasy? Mana Series? Skyrim? Kingdom Hearts? Dragon Quest? atau serentetan game RPG lainnya? tertarik untuk bikin game RPG? nah artikel kali ini cocok banget buat kamu kamu yang penasaran gimana sih cara bikin game RPG dengan mudah. Salah satu cara yang bisa sangat memudahkan kita dalam pembuatan game RPG adalah dengan menggunakan game engine bernama RPG Maker. 

Apa sih RPG Maker itu????
RPG Maker adalah software yang sudah didesain sedemikian rupa untuk membantu pembuatan RPG Maker, dan kita lebih dipermudah lagi untuk mempelajari RPG Maker karena kita diberikan aset template yang dapat kita gunakan dalam gamenya, baik untuk personal maupun komersial. Didalamnya sudah diatur pergerakan karakter, battle system, database, animasi, musik, dan masih banyak hal lainnya.

Sebelumnya sudah ada beberapa versi RPG Maker, beberapa diantaranya yakni RPG Maker 2000, RPG Maker XP, RPG Maker VX, RPG Maker VX Ace. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas dan memberikan sedikit tutorial menggunakan RPG Maker MV, mengapa demikian? Karena RPG Maker yang telah diakuisisi oleh kadokawa ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:
  1. Resolusi game yang bisa di custom
  2. Support untuk build game di Android
  3. Built-in Touch Input
  4. Character Generator
  5. Scripting menggunakan javascript
  6. Icon dan gambar yang lebih fresh
  7. dan beberapa kelebihan lainnya

Nah, gimana? sudah cukup tertarik untuk belajar RPG Maker MV? jadi, untuk mempelajari tools ini, apa yang sebelumnya perlu disiapkan?
  1. PC atau laptop
  2. Software RPG Maker MV
Thor, untuk yang nomor 1 aku punya sih, terus untuk yang nomor 2 gimana? aku cari dimana?
Tenang saja, di era teknologi yang semakin mudah ini, teman teman bisa mendapatkan RPG Maker MV melalui Link RPGMakerWeb , atau cari group FJB RPG Maker Indonesia dan cari penjual yang menjual softwarenya disana dengan harga miring, atau bahkan bisa membeli tools ini melalui SteamStore:



Tapi kalau tidak bisa membeli RPG Maker MV untuk saat ini ya.... boleh deh dibajak dulu dengan tujuan belajar, tapi hasil game dari RPG Maker yang dibajak jangan di komersilkan ya, ndak barokah nanti!

Oke, kalau sudah siap untuk belajar RPG Maker MV, Author sudah bikinin video tutorial yang bisa mempermudah teman teman untuk belajar dibawah ini, hehe. Silahkan tinggalkan komentar baik di blog ini atau di video kalau ada pertanyaan ya. boleh juga kasi saran untuk tutorial yang akan author bikin nantinya.



semoga ilmu ini bermanfaat
.Game Tutorial Indonesia

Share this

3 Responses to "Belajar RPG Maker MV - Intro, pembuatan map, basic event"

  1. Update terus tentang rpg makernya gan, thanks jg jadi mudah dipahami

    BalasHapus
  2. cara membuat karakter, tanpa di generate auto di rpg maker gimana gan? bisa bisa kustomisasi skin sama plugin nih.

    BalasHapus