Rabu, 12 Oktober 2016

Suikoden II - JRPG Terbaik sepanjang masa!

Mock up suikoden 2 yang saya buat sendiri ketika kerja praktik
Menjadi salah seorang dari divisi muda sebuah pasukan besar dan ditakuti merupakan sebuah kebanggaan, namun divisi tersebut ternyata merupakan tumbal dari negara highland untuk menyulut api peperangan setelah perdamaian bertahun tahun lamanya. Tokoh utama (dari sini akan disebut Riou) bersama temannya Jowy Atreides harus kabur untuk bertahan hidup dari pengkhianatan kapten pasukannya sendiri. Meskipun dikhianati kapten, mereka harus kembali ke negara kelahiran mereka untuk melaporkan kejadian yang ada, namun sayang sekali, mereka justru di cap sebagai mata mata musuh dan dikhianati oleh negara sendiri.

Suikoden 2_hanging

Melihat kekejaman demi kekejaman yang terjadi oleh atasan kapten mereka, Luca Blight, yang memimpin peperangan besar besaran dengan negara lain, tokoh utama tidak tinggal diam dan mulai mengerahkan pasukan sedikit demi sedikit dan mengajak aliansi negara lain untuk menghentikan invasi highland. Dengan usaha dan sifat sang tokoh utama yang bagus, teman temannya mengangkatnya sebagai pemimpin untuk melawan kekejaman highland hingga semua negara bisa damai kembali.

Ya, begitulah sinopsis cerita salah satu game JRPG terbaik sepanjang masa ini. Game ini sangat familiar di kalangan gamer tahun 90an, karena game yang ceritanya dibuat oleh Yoshitaka Murayama yang rilis pada tahun 1998 ini memiliki berbagai macam keunikan dan hal hal yang sangat mudah untuk dikenang. Apa sajakah itu?

Dobrakan game RPG
Jika pada umumnya game RPG hanya memiliki beberapa karakter utama saja yang dapat dimainkan dalam permainan, pada game suikoden II (lebih tepatnya seluruh seri suikoden) memiliki 108 karakter utama yang dapat dikumpulkan dan dimainkan dalam permainan. Ya! 108! dengan jenis karakter yang tidak hanya manusia, tetapi juga adanya hewan seperti tupai terbang, serigala, bahkan hingga burung raksasa dalam mitologi yunani pun termasuk dari karakter yang dapat dimainkan dengan berbagai keunikan, kekuatan, dan kontribusi masing masing yang cukup membantu dalam permainan. Selain itu suikoden memiliki konten yang cukup banyak dan kompleks sehingga waktu bermain game ini hingga selesai bisa lebih dari 20 jam. Memiliki beberapa ending di dalam game ini juga merupakan salah satu dobrakan game RPG pada jaman itu baik ending yang buruk, ending bagus, hingga ending terbaik pun disajikan dalam game ini. 

Politik yang kental
Salah satu unsur yang menarik dalam game ini adalah cerita yang disajikan. Seperti yang sudah saya ceritakan di prolog post ini di atas, cerita dalam game ini dimulai dengan pengkhianatan kaptennya sendiri, diasingkannya tokoh utama, hingga berakhir pada bagaimana tokoh utama dapat meraih kedamaian. Politik yang disajikan dalam game ini cukup kental mulai dari posisi tokoh utama sebagai pelarian, menjadi orang yang dapat dipercaya, berusaha untuk mendapatkan aliansi, menggantikan posisi pemimpin yang dibunuh, strategi licik yang dijalankan oleh musuh, hingga tokoh utama dan teman terbaiknya yang berusaha keras mencapai perdamaian melalui 2 jalan yang saling bertolak belakang, dan banyak lagi hal hal berbau politik yang disajikan dalam game ini.

3 Jenis pertarungan
Pertarungan biasa
Salah satu dobrakan suikoden dalam game RPG adalah menghadirkan 3 jenis pertarungan dalam 1 game. Jenis pertarungan tersebut adalah pertarungan biasa, pertarungan duel, dan peperangan. Dalam pertarungan biasa, pemain hanya dapat membawa 6 karakter dalam sekali pertarungan termasuk tokoh utama. Disini apabila ada beberapa karakter yang memiliki hubungan, mereka dapat melakukan serangan bersama yang dapat menyerang semua musuh sekaligus, atau fokus pada 1 musuh dengan damage yang lebih besar. Selain masing masing karakter dapat menggunakan kekuatan magis bernama "Rune" yang dapat digunakan untuk menyerang musuh apabila mereka telah dipasang kekuatan "Rune". Strategi bertarung pada jenis pertarungan ini adalah mengutamakan kerja sama tim dan memanfaatkan kelebihan dan menutupi kekurangan masing masing karakter yang ada untuk melawan musuh yang menghadang dalam perjalanan.
Suikoden II | Screenshot (2)
Duel
Pada pertarungan jenis duel ini, hanya tokoh utama yang digunakan melawan musuh yang sendirian. Uniknya pertarungan jenis duel ini kita memiliki 3 pilihan aksi, Attack, Wild Attack, Defense, ketiga pilihan aksi ini bagaikan kertas gunting batu, masing masing dapat mengalahkan salah satu diantaranya.
  • Attack > Defense
  • Defense > Wild Attack
  • Wild Attack > Attack

Attack disini lebih bermaksud pada menyerang secara hati hati sehingga jika musuh melakukan Defense, pilihan Attack akan tetap kena pada karakter yang melakukan Defense meskipun damage yang diberikan tidak terlalu besar.
Defense lebih bermaksud pada melakukan pertahanan dan menghindar. Sehingga ketika musuh melakukan Wild Attack tak terkendali, pilihan Defense dapat dengan mudah menghindar bahkan memberikan serangan balasan.
Wild Attack, sesuai namanya menyerang secara membabi buta, sehingga jika musuh melakukan Attack tanpa Defense musuh akan dihabisi dalam giliran itu, apabila musuh belum kalah musuh akan melakukan sedikit serangan balasan.

Meskipun memiliki format seperti kertas gunting batu dan kita banyak gambling, sebenarnya melakukan pertarungan duel cukup mudah untuk dimenangkan. Caranya, sebelum memilih pilihan perhatikan kata kata yang dilontarkan oleh musuh, apabila musuh terlihat cukup ganas kemungkinan besar dia akan melakukan Wild Attack, jika dia merasa kecapean kemungkinan akan melakukan Defense, jika dia sedikit sombong kemungkinan akan melakukan Attack

Suikoden II | Screenshot (3)
Perang
Pertarungan jenis perang ini melibatkan seluruh karakter yang telah kita rekrut. biasanya 3 karakter akan tergabung dalam 1 unit untuk berperang melawan musuh. Disini strategi berperang kita diuji, bagaimana kita membuat pasukan kita maju, unit mana yang lebih unggul ketika berperang dengan unit musuh yang mana, hingga kapan dan bagaimana tepatnya menggunakan kekuatan spesial yang dimiliki untuk melawan unit musuh. Area peperangan terbagi menjadi petak yang luasnya berbeda beda setiap eventnya. Dan masing masing unit memiliki variable yang cukup bervariasi untuk adanya kreatifitas strategi seperti jarak laju unit, tingkat serangan dan pertahanan unity, hingga posisi unit. Cara memenangkan pertarungan ini tidak harus selalu menghabiskan seluruh pasukan musuh, terkadang cukup kalahkan pemimpin, atau masuki area tertentu, atau hanya tunggu beberapa turn saja.

Sidequest dan Minigame
Suikoden II | Screenshot (4)
Salah satu hal yang membuat game ini cukup kompleks adalah banyak sidequest dan mini game yang disajikan dalam game ini. Kebanyakan sidequest dan mini game ada pada masing masing karakter tambahan yang dapat kita rekrut untuk kita pakai. Sidequest dan mini game yang ada pun banyak menceritakan tentang cerita dari masing masing karakter tersebut dan ada beberapa cerita karakter yang bahkan ceritanya lebih bagus daripada game RPG kebanyakan. Seperti contohnya sidequest membantu Clive menangkap Erza, hingga sidequest yang paling populer tentunya sidequest lomba memasak.

Sekuel yang sempurna
Game Suikoden pendahulu telah mendobrak game RPG, tetapi masih sangat banyak hal yang perlu di poles. Nah, disinilah Suikoden II bersinar, banyak kekurangan di Suikoden yang dibenahi bahkan ditambahkan fiturnya di Suikoden II. Selain itu sekuel ini juga menyajikan segala kelebihan yang dihadirkan pendahulunya, namun dikemas dengan lebih baik.
Salah satu perubahan baik yang dibawa pada Suikoden II adalah adanya sistem tas universal, sehingga item tidak harus dibawa masing masing karakter sendiri seperti pendahulunya. Sistem pembawaan item secara individu merasa sangat tidak nyaman ketika ada item penting yang dibawa karakter lain, akan tetapi kita tidak bisa membawa karakter tersebut untuk bertualang.
Selain itu, dalam Suikoden II, masing masing karakter dapat membawa 3 "Rune" sekaligus, hal ini memberikan keleluasaan bagi pemain untuk memodifikasi karakter. Bahkan dalam pertarungan, kekuatan 2 Rune dapat digabungkan sehingga terbentuk kekuatan baru dengan damage yang lebih besar.
Lalu tidak lupa paling penting adanya fitur berlari sejak awal permainan. Pada game Suikoden, karakter hanya dapat berlari ketika membawa Rune tertentu, atau membawa karakter khusus (Stallion) dalam tim agar dapat berlari. Akan tetapi, di Suikoden II, apabila ada karakter yang menggunakan Rune khusus tersebut atau karakter Stallion berada dalam tim, maka lari akan jadi jauh lebih cepat.
Secara garis besar, Suikoden II benar-benar merupakan sekuel dari Suikoden. Tidak hanya ceritanya yang berhubungan, mekanisme dari game ini juga sangat mirip dengan pendahulunya, namun dengan penyempurnaan di hampir seluruh aspek yang ada.

Memorable
Salah satu hal yang saya suka dari game ini adalah grafis yang dimiliki game ini. Meskipun pada jaman itu banyak game yang beralih pada grafis 3D, Suikoden II tetap mempertahankan grafis 2D yang tampak lucu dan menarik untuk dilihat. Pada dasarnya Suikoden II memiliki grafis yang tidak jauh berbeda dengan suikoden sebelumnya, tetapi pemilihan warna dan bentuk yang ada pada suikoden II lebih nyaman untuk dilihat dan kita lebih mudah untuk memperhatikan mana tokoh utama, tokoh yang dapat direkrut, serta tokoh penting diantara banyaknya tokoh figuran melalui sprite yang dibuat lebih kontras.

Sedangkan untuk urusan musik, tanpa panjang lebar, Suikoden II memiliki salah satu koleksi musik terbaik yang saya pernah dengar dari video game. Berbagai kejadian lucu, epik, dan sedih berhasil digambarkan dengan begitu sempurnanya oleh sang komposer, Miki Higashino. Kesempurnaan ini membuat soundtrack dari Suikoden II menjadi media yang sangat cocok untuk didengarkan setiap kali saya merindukan seri Suikoden


Kesimpulan
Suikoden II merupakan JRPG terbaik dan cukup sempurna, meskipun tidak benar benar sempurna, tetapi Suikoden II merupakan penyempurnaan yang cukup baik dari prequelnya di Suikoden, dengan memperbaiki segala kekurangan yang ada pada prequelnya dan menambahkan lebih banyak unsur baru dengan kualitas yang sangat bagus, baik dari segi cerita, gambar, musik, dan sistem sistem baru di dalamnya.

Rating untuk game ini bagi saya adalah:
  • Grafis       10 / 10
  • Cerita       10 / 10
  • Musik       10 / 10 
  • Gameplay 10 / 10

Share this

2 Responses to "Suikoden II - JRPG Terbaik sepanjang masa!"