Minggu, 02 Oktober 2016

FIFA 15 - Selangkah lebih maju menuju kesempurnaan


Ini tahun 2016, lalu FIFA 2017 sudah rilis, kenapa yang di review FIFA 15? ya, hal itu dikarenakan terdapat beberapa hal pada game ini yang merupakan titik balik kesempurnaan game ini menjadi lebih sempurna untuk dikembangkan ke depannya. Sepak bola, adalah olahraga yang memiliki penggemar terbanyak sedunia. Terbukti dengan banyaknya transfer pemain setiap musimnya di tiap tim agar didapatkan chemistry dan skill yang mumpuni untuk dapat memenangkan setiap pertandingan. Tidak hanya di dunia sepak bola saja, EA Sports juga sibuk dengan game FIFA agar dapat menghadirkan pengalaman baru untuk disajikan pada penggemarnya setiap tahunnya. Nah apa saja hal menarik yang dihadirkan pada game FIFA 15 ini?

Sinematik yang detail di berbagai kondisi
Mulai dari masuknya pemain ke dalam lapangan hingga berakhirnya pertandingan penuh dengan sinematik sehingga pertandingan terasa realistis, tidak banyak hal yang dipotong dalam permainan meskipun kita dapat memilih untuk memotong tiap sinematik yang ditampilkan. Seperti contohnya ketika bola keluar lapangan, game tidak menampilkan layar hitam sebentar kemudian tampil kembali dengan posisi pemain sudah siap untuk melemparkan bolanya, atau ketika bola berhasil dimasukkan ke gawang lawan, kamera tidak langsung menyorot pemain dari jarak dekat mengamati sebentar gerakan pemain berlari ke arah mana, bahkan pemain game dapat mengarahkan pemain bola untuk lari ke arah supporter untuk melakukan selebrasi. Banyak animasi yang ditampilkan sebelum melakukan aksi sehingga game menjadi terlihat realistis layaknya permainan bola sungguhan.

Detail hingga hal hal terkecil
Ya, EA membuat FIFA 15 dengan memperhatikan detail hingga hal yang paling tak kasat mata sekalipun ketika dimainkan. Seperti contohnya, rumput yang terlihat bergoyang atau mendapat interaksi dari pemain, bahkan bisa rusak, detail pencahayaan yang sangat terlihat terutama ketika kita mengganti waktu permainan, pagi, siang, atau malam, perbedaan pencahayaan sangat terasa.

Rumputnya.... 

Ada juga ketika pemain sudah bermain cukup lama dalam lapangan bahkan sempat terjatuh, baju pemain pun bisa ikut kotor terkena tanah tempat dia terjatuh.

Seragam pemain bisa kotor


Pengaruh cuaca
Semakin realistis, pilihan cuaca tidak hanya sebagai kosmetik saja, adanya cuaca hujan ataupun badai sangat mempengaruhi jalannya permainan. Pemain bergerak lebih lamban, bola ditendang menjadi tidak sejauh biasanya, bahkan pemain bisa terpeleset jika mencoba sprint lalu berhenti berbalik arah secara tiba tiba.
Cuaca yang tidak bersahabat juga dapat menguras stamina pemain lebih cepat sehingga pemain game harus dapat mengatur pemainnya agar dapat tetap fit hingga akhir permainan. Intinya perbedaan cuaca dapat benar benar mempengaruhi jalannya permainan.

Kontrol
Setting default yang ada pada bawaan FIFA adalah tanpa Assistance dari game sehingga pemain benar benar menentukan sendiri kemana akan membawa pemain menggiring bola atau menghadang lawan. Sangat memuaskan untuk pemain game yang sudah pro sehingga dengan leluasa menggerakkan pemainnya tetapi agak susah untuk pemain yang baru saja belajar bermain FIFA. 

Selain itu terdapat pilihan opsi kontrol untuk klasik atau advanced, tentunya pilihan advance memiliki variasi yang lebih menarik, namun untuk pemain yang baru cukup dengan kontrol klasik dapat menikmati game ini dengan baik. Beberapa contoh perbedaan kontrol klasik dan advance sebagai berikut



Untuk pemain yang masih baru disarankan untuk mengaktifkan mode assistance untuk membantu berjalannya permainan.


Teknik Membawa Bola
FIFA memiliki banyak pilihan teknik yang dapat digunakan terutama untuk pemain game yang sudah cukup pro untuk memenangkan pertandingan, beberapa diantaranya adalah



KESIMPULAN
Simulasi permainan sepak bola yang satu ini menampilkan visual yang jauh lebih baik dibandingkan versi sebelumnya, dapat dilihat bahwa EA sangat memperhatikan visual bahkan hingga ke detail yang terkecil sekalipun sehingga tampilan game dapat terlihat serealistis mungkin. Gameplay yang ada masih sama dengan versi sebelumnya dengan AI yang sedikit lebih baik tetapi masih perlu penyempurnaan lagi agar lebih sempurna. Ketika pada masanya, banyak pemain juga mengatakan bahwa FIFA15 menjadi game yang lebih baik dibanding pesaing utamanya yakni PES. Rating game ini menurut saya sebagai berikut:


  • Visual       10/10
  • Gameplay   8/10
  • Sound         7/10
  • Content      9/10

Share this

0 Comment to "FIFA 15 - Selangkah lebih maju menuju kesempurnaan"

Posting Komentar