Kamis, 03 November 2016

Nobunaga's Ambition II - From DOS to Hero


Game simulator perang ini adalah salah satu game yang memiliki sejarah paling tua bukan dari cerita yang diangkatnya saja tetapi juga tahun dirilisnya. Ya, Nobunaga's Ambition pertama kali rilis pada tahun 1988 oleh KOEI di platform DOS. Game legenda ini memulai sejarahnya mulai dari DOS yang kemudian terus diperbaiki dan di remake pada platform lainnya karena kepopulerannya. Bagi yang sudah pernah bermain di versi konsolnya, jangan berharap terlalu banyak pada versi DOS nya karena ada beberapa fitur yang hanya ada pada versi konsol, tetapi tidak menutup hal hal yang bagus yang ada pada game ini, apa sajakah itu?

Wilayah kekuasaan saya ketika bermain sebagai Kenshin Uesugi
The Good
Nobunaga's Ambition memiliki beberapa elemen yang membuatnya menarik. Pertama dari setting yang diangkat, game ini men-simulasikan perebutan kekuasaan di Jepang. Menurut saya setting ini jauh lebih menarik dibandingkan setting fantasi pada jaman medieval. Koei mampu menyajikan sejarah yang ada dengan cukup akurat. Hampir semua daimyo dan samurai yang ada dalam game berdasarkan figur sejarah yang sesungguhnya. Pada masanya, tidak banyak game strategi yang mengusung tema dan gameplay 

Grafis yang ada apabila dibandingkan dengan game sekarang cukup jauh perbandingannya, tetapi dengan grafis pixel seadanya, akan tetapi grafis tersebut bisa cocok dengan tema yang diusing. Lalu, setiap kali kita memberi command, animasi pendek dimunculkan di bagian bawah layar, hal ini membuat game menjadi tidak terlalu statis atau membosankan. 

gambar tampak perintah terhadap ninja
Elemen RPG juga ada pada game ini. Kita memilih menjadi sebagai salah satu karakter untuk dimainkan, bukan memilih salah satu pihak dari konflik atau negara. Jika karakter (Daimyo) yang kita pilih mati, maka game over, jadi kita harus bisa menjaga kesehatan dan menjaga agar Daimyo yang kita pilih tetap hidup. Masing masing Daimyo memiliki statistik berbeda dan masing masing punya wilayahnya sendiri, ada yang mudah untuk dipertahankan ada pula yang susah untuk dipertahankan. Jadi kesulitan permainan ada pada Daimyo yang kita pilih juga selain memilih tingkat kesulitan untuk game.

Peperangan memperebutkan atau mempertahankan wilayah menggunakan metode turn based dalam grid hexagonal. Pemain game peperangan AAA atau pemain game perang yang serius akan berpikir bahwa sistem demikian terlalu simple terlalu sederhana, tetapi dari kesederhanaan itu muncullah strategi yang cukup kompleks, mulai dari penempatan pasukan, memanfaatkan lahan gunung atau hutan, kekuatan pasukan dan tipe pasukan juga mempengaruhi peperangan, bahkan siang dan malam dalam peperangan juga mempengaruhi peperangan apabila dapat dimanfaatkan dengan baik.

Selain berperang, banyak hal dapat dilakukan untuk memperkuat wilayah kekuasaan: Manajemen pasukan, mengembangkan kota (perekonomian, pertanian, pajak, pertahanan terhadap banjir), melakukan diplomasi terhadap negara lain (menikahkan putri dengan daimyo lain, membuat aliansi, dll.), rekrut ninja (menyebarkan gosip, sabotase, atau jika beruntung bisa membunuh daimyo negara lain). Bagusnya masing masing memberikan penjelasan yang cukup tentang apa yang akan dilakukan masing masing perintah, sayangnya tidak dijelaskan berapa nilai variable yang berubah ketika kita melakukan aksi, misalnya: jika saya mengalokasikan 64 gold untuk perkembangan kota berapa besar pertumbuhan ekonomi atau pertanian yang akan saya dapatkan, terkadang nilai yang didapat terlalu random atau mungkin tidak bisa ditebak.

Dalam game versi DOS ini, Nobunaga's Ambition tidak memiliki support mouse. Kita menggunakan angka yang ada pada keyboard untuk memasukkan perintah. Hal ini cukup bagus untuk kita mengingat shortcut atau jalan pintas untuk melakukan suatu aksi, kebanyakan struktur menu tidak terlalu panjang. Tetapi jika kita ingin mengurangi populasi di wilayah 11, berikut runtutan hal yang perlu dilakukan:
Lord what are your orders?  7 [Enter]
What covert Tactics do you choose?  2 [Enter]
To which fief do you send the ninja?  11 [Enter]
Who shall carry the plans?  6 [Enter]
Do you wish to go ahed with this plan?  Y [Enter]
Proses ini cukup membuat kita lelah ketika kita perlu melakukan perintah berulang kali atau ketika kita memiliki banyak wilayah.

The Bad
Sebuah skenario yang kita mainkan bisa game over dengan cepat tergantung daimyo atau lokasi yang kita pilih. Contohnya ketika saya coba bermain skenario baru, pada giliran kedua salah satu Daimyo musuh yang cukup kuat menyerang wilayah saya dimana pada waktu itu sebagai pemain akan mustahil untuk membangun pasukan dan melengkapi persenjataan lalu menyerang wilayah lain. Kalaupun kita bisa melewati serangan pertama, pasukan kita akan sangat menipis lalu daimyo lainnya akan langsung menyerang wilayah kita yang sangat lemah tersebut.

Layout peperangan dengan grid hexagonal
Dalam peperangan kita membutuhkan numpad untuk mempermudah kontrol pasukan. Menggunakan angka biasa pada keyboard bisa dilakukan tetapi dengan adanya numpad dapat membantu kita untuk mengarahkan pasukan ke arah yang tepat tanpa ada salah langkah atau mengimajinasikan angka mana berjalan menuju kemana.

A.I. yang ada tidak terlalu pintar, memang AI tahu kapan harus menghabisi musuh yang lemah tetapi untuk pertarungan diatas grid hexagonal mereka masih banyak berdiam diri atau menyerang secara sembrono tanpa ada strategi.

Hal yang kurang fleksible dalam peperangan adalah kita tidak bisa mengubah urutan gerak pasukan kita, jadi kita harus menggerakkan pasukan 1, lalu pasukan 2, dan seterusnya. Terkadang kita ingin menggerakkan pasukan penembak lebih dahulu sebelum menggerakkan pasukan lain tapi hal itu tidak bisa dilakukan.

Sound yang disajikan hampir tidak terdengar atau bukan menjadi sesuatu yang dapat ditonjolkan dalam game ini. Hal terbaik yang bisa dilakukan terhadap sound adalah matikan suara yang ada dalam game

Kesimpulan
Untuk game versi DOS, grafis yang disajikan dalam game ini memiliki seni pixel art yang cukup baik dengan variasi portrait wajah daimyo dan samurai yang ada dalam gamenya. Variable dan gameplay yang disajikan cukup kompleks terbukti dengan banyaknya strategi yang harus kita pikirkan untuk mempertahankan wilayah bahkan memperluas wilayah yang ada. Namun pergerakan AI yang ada masih perlu banyak perbaikan karena yang sangat terasa ketika saya memainkannya adalah 0 dan 1, maksudnya musuh bisa menjadi sangat lemah sekali atau bisa menjadi sangat kuat sekali, belum ada kekuatan diantara keduanya yang cukup signifikan.

Nobunaga's Ambition versi PS2
Namun melihat perkembangan game ini yang terus dikembangkan ke konsol game lain seperti Nintendo, Playstation, bahkan bisa masuk ke Steam dengan banyaknya perkembangan yang ada dan jauh lebih menarik dibandingkan versi pertamanya, game ini cukup memikat hati para penggemarnya dan berhasil merombak besar besaran game yang ada menjadi game yang semakin mendekati kesempurnaan.

Penasaran bagaimana gamenya?
coba mainkan di link berikut
NOBUNAGA'S AMBITION II DOS

Share this

0 Comment to "Nobunaga's Ambition II - From DOS to Hero"

Posting Komentar